Wednesday, 29 October 2014

Hadits, Sunnah, Atsar dan Khobar

oleh:


محمد عين اليقين


مقدمة
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين, والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين واله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين, أما بعد :
ينبغي لطالب العلم أن يعتني بإعتناء مهمة جدا ليعرفوا الحديث, والسنة والخبر, والأثر. وتعريف كل واحد منها والفرق بينها وما يتعلق منها من صورة الحديث قولية وأفعالية وتقريرية وأحوالية.

وفى هذه الرسالة نريد أن نبحث عنها وتلك هي :
1.تعريف الحديث والسنة والخبر والأثر.
2.الفرق بينها.
3.صورة الحديث قولية وأفعالية وتقريرية وأحوالية.

المبحث الأول : تعريف الحديث والسنة والخبر والأثر
1.     الحديث
 لغة :ضد القديم.
وإصطلاحا :ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير.
2.     السنة
 لغة :الطريقة .
وإصطلاحا : ما أضيف للنبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير, فهي على هذا مرادفة للحديث بالمعنى المتقدم. وقيل الحديث خاص بقوله وفعله صلى الله عليه وسلم والسنة عامة.
3.     الخبر
 لغة :ضد الإنشاء
وإصطلاحا :
ا. قيل : مرادف للحديث .
ب‌.   وقيل : هو ما جاء عن غير النبي صلى الله عليه وسلم ,والحديث ما جاء عنه ومن ثم قيل لمن يشتغل بالحديث محدث وبالتواريخ ونحوها ,أخباري .
ج . وقيل الحديث أخص من الخبر فكل حديث خبر ولا عكس .

4.     الأثر
 لغة : بقية الدار ونحوها .
وأصطلاحا :
ا. مرادف للحديث كما قال النووي أن المحدثين يسمون المرفوع والموقوف أثرا .
ب‌.   وقيل هو ما جاء عن الصحابة يعني أن الأثر يطلق على الموقوف ولعل وجهه إن الأثر بقية الشيئ والخبر ما يخبر به, فلما كان قول الصحابي بقية من قول المصطفى صلى الله عليه وسلم وكان أصل الخبر إنما هو عنه صلى الله عليه وسلم ناسب أن يسمى قول الصحابي أثرا وقول المصطفى خبرا .
وبهذا ظهر أن الحديث والسنة والخبر والأثر الفاظ مترادفة لمعنى واحد وهو ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من قول أو فعل أو تقرير أو صفة أو إلى الصحابي أو التابعي [1].
قال أبو القاسم الفوراني من الخراسانيين :الفقهاء يقولون الأثر ما يروى عن الصحابة [2].
المبحث الثاني : الفرق بينها
1.     إن الحديث ما جاء عن النبي والخبر عن غيره
2.     والحديث أخص من الخبر أي الخبر عنه أو عن غيره
3.     الأثر ما أضيف إلى الصحابة والتابعين من أقوال وأفعال [3].
كما صرح المتقدم في التعريفات.

المبحث الثالث : صورة الحديث قولية وأفعالية وتقريرية وأحوالية.
وقد تقدمت البينات المذكورات إن الحديث يشتمل كل قول وفعل وتقرير.لأجل ذلك في هذا البحث سنبين عن صورة الحديث قولية وأفعالية وتقريرية وأحوالية.
1.     الحديث القولي
هو ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من قول يشتمل مقصود الشرعي والواقعة والأحوال اللتي تتعلق بالعقيدة, والشريعة, والأخلاق, وغيرها.
 كالحديث عن دعاء رسول الله صلى الله عليه وسلم للمستمعين والحافظين ومبلغي العلوم :

" نضرالله إمراء سمع منا حديثا فحفظه حتى يبلغه غيره فإنه رب حامل فقه ليس بفقيه ورب حامل فقه إلى من هو أفقه منه ثلاث خصال لايغل عليهن قلب مسلم أبدا إخلاص العمل لله ومناصحة ولاة الأمر ولزوم الجماعة فإن دعوتهم تحيط من وراءهم " {رواه أحمد}.

والحديث عن قراءة الفاتحة في الصلاة :
" لاصلاة لمن لم يقراء بفاتحة الكتاب "{رواه مسلم}

2.     الحديث الفعلي
هو ما أضيف إلى النبي صلى الله عليه وسلم من فعل الذي بلغ إلينا.
 كالحديث عن الصلاة والحج :
" صلوا كما رأيتموني أصلي "{ رواه البخاري}

والحديث  : " كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي على راحلته  حيث ما توجهت به "{رواه الترمذي}

3.     الحديث التقريري
هو كل الحديث يشتمل تقرىر النبي صلى الله عليه وسلم على ما جاء من الصحابة بسكوت النبي على فعل اللذي يفعله الصحابة بعد تكميل الشروط من الفاعل وفعله.
كالحديث بسكوت النبي إذا فعل الصحابة أمره :
" لايصلين أحد العصر إلا في بني قريظة "{رواه البخاري}
يفهم بعض الصحابة النهي في حقيقة أمر ذلك حتى لايفعل صلاة العصر في وقتها , ولكن بعض الصحابة الأخر يفهم الأمر بسيرة إلى بني قريظة ويجتهد في الحرب حتى يفعل الصلاة في وقتها. وأفعال  هذه الصحابة يسكت النبي عنها بغير إنكار.
 
4.     الحديث الأحوالي
هو كل الأحوال من النبي يتعلق بجسده وصفاته.
كالحديث :
" كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أحسن الناس وجها وأحسنه خلقا ليس بالطويل البائن ولا بالقصير"{رواه البخاري}
وذكر في حديث أخر :
" قال أنس رضي الله عنه ما مسست حريرا ولا ديباجا ألين من كف النبي صلى الله عليه وسلم ولا شممت ريحا قط أو عرفا قط أطيب  من ريح أو عرف النبي صلى الله عليه وسلم "{ رواه البخاري} [4].

الخلاصة
                   كما تقدمت البينات المذكورات,الأن نعرف التعاريف من الحديث والسنة والخبر والأثر وبذلك يعرف الفرق والمرادف بينها كالحديث خاص بقوله وفعله صلى الله عليه وسلم والسنة عامة,وإن الحديث ما جاء عن النبي والخبر عن غيره والحديث أخص من الخبر أي الخبر عنه أو عن غيره والأثر ما أضيف إلى الصحابة والتابعين من أقوال وأفعال, وأما الحديث الذي يرى من حيث صورته فقد صرح بالتعاريف مع أمثلته, حتي نعرفه بجيد.

المراجع
-         القواعد الأساسية, السيد العالم العلامة محمد بن علوي بن عباس المالكي الحسني
-         تيسير مصطلح الحديث, الدكتور محمود الطحان
-         علوم الحديث, منزير سوفارتا, 1


[1]  محمد بن علوي بن عباس المالكي الحسني, القواعد الأساسية,{مالانج: هيئة الصفوة. 2012}ص.10-11
[2]   أبو الفضل عبد الرحمن الحسين العراقي, فتح المغيث على شرح ألفية الحديث,{بيروت: دار الفكر.سنة}ص.123
[3]   محمود الطحان, تيسر مصطلح الحديث, {بيروت:دار الفكر.سنة}ص.14-15
[4] منزير سوفارتا, علوم الحديث, {جاكرتا:راجا والي فريسس.2003}ص.18-23

Benarkah Nabi Muhammad Buta Huruf (Ummi)?

"Benarkah Rasul Bodoh?"

oleh: M.e. Widjaya


Benarkah Nabi Muhammad Buta Huruf (Ummi)?
Oleh: Estanu Wijaya 

I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kita sebagai mahasiswa di perguruan tinggi Islam tentu sudah tidak asing dengan satu kata ummi dan definisinya. Banyak definisi atau tafsiran yang ditawarkan oleh para mufassir (ahli tafsir) untuk mengartikan satu kata tersebut. Salah satunya adalah definisi yang menyatakan bahwa, ummi adalah orang yang tidak bisa membaca dan menulis (buta huruf)[1]. Namun, definisi ini dirasa tidak logis, jika dinisbatkan pada objek yang mustahil mempunyai sifat sebagaimana dalam definisi tersebut, yaitu seorang Rasul sebagai manusia pilihan Tuhan. Karena sebagaimana kita ketahui Rasul memiliki empat sifat wajib yang diantaranya adalah fathonah (pintar, jenius atau cerdas) dan mustahil bagi Rasul memiliki sifat baladah (bodoh). Sedangkan, menurut logika kita, tidak bisa membaca dan menulis adalah sebagian dari kebodohan.
B.     Rumusan Masalah
a.       Apa pengertian ummi (buta huruf)?
b.      Apa makna ke-ummi-an Nabi Saw.?
C.     Tujuan atau Manfaat Penulisan
Bisa berbagi pendapat tentang makna ummi dengan para pembaca. Sehingga pembaca dapat lebih memahami arti ummi. Karena sering kali dijumpai dalam kajian ilmu kalam, mempermasalahkan benarkah Rasul yang atas kemuliaannya, sampai namanya disandingkan dengan nama Tuhan, tidak bisa membaca dan menulis? Sedangkan pemahaman kita, jika seseorang buta huruf (tidak bisa baca tulis), berarti orang itu bodoh. Sehingga kadang mereka bingung dengan makna ke-ummi-an Rasul saw. padahal dalam Al-Qur’an maupun hadits, Rasul memang dinyatakan ummi. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya pembahasan ini.
II.                PEMBAHASAN
a.      Definisi Ummi
Secara bahasa kata(أمّي)  ummi terambil dari kata (أمّ) umm/ibu dalam arti seorang yang tidak pandai membaca dan menulis, yang mana keadaan ini sama dengan keadaannya ketika baru dilahirkan oleh ibunya atau sama dengan keadaan ibunya yang tidak pandai membaca dan menulis. Dalam pendapat lain kata ummi dari kata (أمة) ummah yang menunjuk kepada keadaan masyarakat ketika itu. Sebagai mana dilukiskan oleh sabda beliau Rasul Saw.: “Sesungguhnya kita adalah umat yang Ummi, tidak bisa membaca dan berhitung.[2]
Di dalam Al-Qur’an kata ummi disebutkan dalam enam ayat yang tersebar dalam surat-surat yang berbeda, yaitu surat al-A’rof ayat 157 dan 158, Aali ‘Imran ayat 20 dan 75, al-Jumu’ah ayat 2, dan al-Baqoroh ayat 78. Dari enam ayat tersebut, hanya dua ayat yang membahas ummi Rasul saw. yaitu ayat yang disebutkan pertama dan kedua[3]. Untuk ayat ketiga, keempat dan kelima adalah orang Arab. Sedangkan yang dikehendaki ayat keenam adalah golongan dari Yahudi yang tidak bisa baca tulis[4].
b.      Makna ke-ummi-an`Nabi Muhammad saw.
Selama ini kita difahamkan bahwa ummi itu berarti orang yang tidak tahu membaca dan menulis. Orang Arab pada masanya disebut ummi karena kebanyakan dari mereka tidak bisa baca dan tulis. Budaya tulis-menulis belum berkembang pada zaman itu, bahkan kemampuan menulis dan membaca bisa dianggap aib yang menunjukkan lemahnya daya hafal orang tersebut. Sebab saat itu daya hafal bangsa Arab sangat kuat; seperti kemampuan mereka dalam menghapal hingga ratusan syair dan silsilah nasab mereka di kepala mereka, bukan dalam tulisan. 
Sebagaimana Prof. Quraish Shihab dalam bukunya  Wawasan Al-Qur’an mengatakan, “Harus disadari bahwa masyarakat beliau ketika itu menganggap kemampuan menulis sebagai bukti kelemahan seseorang. Pada masa itu sarana tulis-menulis amat langka, sehingga masyarakat amat mengandalkan hafalan. Seseorang yang menulis dianggap tidak memiliki kemampuan menghafal, dan ini merupakan kekurangan. Penyair Zurrumah pernah ditemukan sedang menulis, dan ketika ia sadar ada orang yang melihatnya, ia bermohon, jangan beri tahu siapa pun, karena ini (kemampuan menulis) bagi kami adalah aib. Memang, nilai-nilai dalam masyarakat berubah, sehingga apa yang dianggap baik pada hari ini, boleh jadi sebelumnya dinilai buruk. Pada masa kini kemampuan menghafal tidak sepenting masa lalu, karena sarana tulis-menulis dengan mudah diperoleh.”
Nabi Saw. juga begitu, dia tidak membaca dan tidak menulis. Keadaan Beliau yang  tidak dapat membaca dan menulis merupakan di antara penjelasan yang menunjukkan bahwa Beliau benar-benar utusan Allah Swt. yang datang dengan membawa Al-Qur’an dari sisi-Nya, oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman: “Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Al-Qur’an) sesuatu Kitab pun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari(mu).” (QS. Al Ankabut: 48) yaitu seandainya Beliau bisa membaca dan menulis maka mungkin saja dia datang membawa Al-Qur’an yang berasal dari tulisan dan hasil bacaannya sendiri, tetapi Beliau Saw. tidak bisa membaca dan tidak pula menulis[5]. Oleh karenanya, ke-ummi-an Nabi Saw. bukanlah cela dan aib, justru menunjukkan keutamaan Beliau sebagai utusan dan pembawa wahyu Allah Swt. dan menegaskan bahwa Al-Qur’an benar-benar wahyu Allah Swt. tanpa campur tangan manusia.
III.             PENUTUP
Demikian penjelasan singkat dari penulis, semoga dari penjelasan ini, kita menjadi paham bahwa pada hakikatnya Nabi Muhammad Saw. memang ummi atau tidak bisa membaca dan menulis. Dan hal ini ternyata tidak bertentangan dengan logika kita yang menyatakan tidak bisa menulis dan membaca adalah bodoh bila kita menggunakan perspektif sosio-history pada masa itu. nilai-nilai dalam masyarakat berubah, sehingga apa yang dianggap baik pada hari ini, boleh jadi sebelumnya dinilai buruk.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Farmawi , Abdul Hayyi. 1977. Al-Bidayatu fii Tafsiiri al-Maudhuu’iy. Mesir: al-Hadhorotu                      al- Arobiyyah.

Al-Qurthubi. 2003. Al-Jaami’u li Ahkami Al-Qur’an. Riyadh: Daaru ‘Aalamu al-Kutub.

Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Mishbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an. Jakarta:       Lentera            Hati.


[1] Abdul Hayyi Al-Farmawi, Al-Bidayatu fii Tafsiiri al-Maudhuu’iy (Mesir: al-Hadhorotu al-Arobiyyah, 1977), hlm. 96.
[2] M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati, 2002), Vol. 4 Hlm. 324-325.
[3] Al-Qurthubi, Al-Jaami’u li Ahkami Al-Qur’an (Riyadh: Daaru ‘Aalamu al-Kutub, 2003),  Jilid. 7 hal. 296.
[4] Id. at vol. 2, hlm. 5.
[5] Quraish Shihab, Op. Cit. 325.