Sunday, 20 December 2015

Peserta FORSILATNAS V PPM ASWAJA Menerima Ijazah Sanad Sirojut Tholibiin

estanuwijaya.blogspot.co.idMuhammad Istanu Wijaya
Peserta FORSILATNAS V foto bersama KH. Hambali (berdiri di tengah berkoko dan berpeci putih) setelah pengijaahan sanad kitab sirojut Tholibiin, Cirebon, (19/12/2015).


Peserta FORSILATNAS (Forum Silaturahmi Nasional) V PPM Aswaja mendapatkan kesempatan pemberiaan Ijazah sanad Kitab Sirojut Tholibiin karya K.H Ihsan bin Dahlan Jampes Kediri yang muttashil (nyambung) langsung dari muridnya di Pondok Pesantren As-Salafiyyah Bode Lor, Cirebon Jawa Barat, Sabtu (19/12/2015).

Prosesi ijazah kitab "Sirojut Tholibin" buah karya ulama Indonesia, pakar akhlak dan tasawwuf yang namanya sudah mendunia, yakni Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan Jampes, Kediri, Jawa Timur.

Ini Transkrip Lengkap Rekaman Ijazah Sanad SIRAJUT THOLIBIN oleh KH. Hambali Kepada peserta FORSILATNAS V PPM ASWAJA


                                                          estanuwijaya.blogspot.co.idMuhammad Istanu Wijaya
Pengasuh dan pendiri pondok pesantren As-Salafiyyah Bode Lor Plumbon Cirebon, KH. Hambali (depan-kanan) dan teman-teman PPM Aswaja saat peng-ijazahan kitab Sirajut Tholibin di kediaman KH. Hambali, Cirebon, Sabtu (19/12/2015).

CIREBON,www.estanuwijaya.blogspot.co.id--Setelah penutupan acara Forum Silaturrohmi Nasional (FORSILATNAS) V PPM ASWAJA yang digelar di PonPes as-Salafiyyah peserta FORSILATNAS V mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ijazah kitab Sirojut Tholibiin oleh KH. Hambali di kediamannya.

Setelah meng-ijazahkan sanad kitab, beliau (KH. Hambali) mengisahkan masa-masa belajarnya, selama ngaji kitab Sirojut Tholibiin, Tafsir Jalalain, Ihya Ulumud diin, dan ‘Aruudh bersama Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan di Pondok Jampes Kediri. Diceritakan pula karomah yang dimiliki oleh mushonnif  (pengarang) kitab Sirojut Tholibiin itu.

Prosesi Ijazah sanad itu, direkam oleh penulis. Berikut ini transkip lengkap rekaman penuturan ijazah dan kisah mushonnif itu:

Sunday, 28 June 2015

Musthafa As-Siba'i dan Ahmad Amin dalam Kitab As-Sunnah Wa Makanatuha fi at-Tasyri' al-Islami

oleh: M.e. Widjaya


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد وآله وصحبه وحملة سُنّته والمدافعين عنها إلى يوم الدين، وبعد

فقد علمنا اعتقاد المسلمين عن مكانة وصحة الحديث أو السنة في عهد النبي لم يكن هناك مشكلة، لأنه إذا وجدوا أي شيء مشكوك فيها أو غير واضحة يمكنه ان يؤكد النبي مباشرة. قضية أخرى بعد وفاته حتى الآن، والمشكلة من الحديث هو من هذا القبيل، والتي أدت إلى فتح الستار لمعرفة وجودها كسلطة دينية. وكذلك التي أجراها الدكتور أحمد أمين في كتابه فجر الاسلام، الذين لا نقد من بعض الأشياء عن الحديث. ووفقا له، بعد وفاة الأصالة حديث النبي – صلعم - أمر مشكوك فيه. في حين مصطفى السباعي إجراء مضاد لفكر أحمد أمين مع الأدلة التاريخية تشير إلى أصالة الحديث. في ضوء مصطفى السباعي، أحمد أمين لانتقادات استنادا إلى حجة المرأة أقل قوة، يتم بناؤها حتى الحجج أكثر مسلم به، التعميم والنصية.

الحديث أو السنة النبوية هي مصدر للإسلام بعد القرآن الكريم، والذي يتضمن البيان، وممارسة، والاعتراف، وجميع الأحوال للنبي محمد صلى الله عليه وسلم. وقد تم الاتفاق على الحديث أو موقف السنة من هذا القبيل عالية الإسلام في التشريع من قبل جميع المسلمين في الماضي وحتى الآن. لذلك يمكن القول أن الاعتقاد في السنة هو جزء من الإيمان في الأديان وقبول السنة هي جزء من قبول الدين.
التقليد الذي حمل الصحابة، والتابعين (جيل بعد الصحابة)، ثم يستمر الجيل القادم، وأخيرا يمكن القول بأن الجهود للحفاظ على نقاء بالسنة لا يتوقف أبدا.

ومع ذلك، فإن الأدلة التاريخية الكثير عن جهود للحفاظ على نقاء بالسنة، لا يزال هناك أشخاص أو مجموعات الذين يشككون في صحتها. في هذه الورقة، سيتم تقديم وجهة نظر شخصية على عدة مسائل تتعلق بالسنة أو الحديث.

Riwayat Hadits bil Lafdzi wal Ma'na

Oleh : M.e. Widjaya


رواية الحديث باللفظي والمعنى
اعداد : محمد آستانو ويجايا
بسم الله الرحمن الرحيم
مقدمة
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِدِينِهِ الْقَوِيمِ، وَأَرْشَدَنَا إِلَى صِرَاطِهِ الْمُسْتَقِيمِ ، أَحْمَدُهُ حَمْدَ مُعْتَرِفٍ بِالتَّقْصِيرِ فِيمَا يَلْزَمُهُ مِنْ شُكْرِ هِبَاتِهِ، وَأَسْأَلُهُ التَّوْفِيقَ لِلْعَمَلِ بِمَا يُقَرِّبُ إِلَى مَرْضَاتِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، شَهَادَةً تُبَلِّغُ مُعْتَقِدَهَا أَمَلَهُ، وَيَخْتِمُ اللَّهُ لِقَائِلِهَا بِالسَّعَادَةِ عَمَلَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ الْمُنْتَخَبُ مِنْ بَرِيَّتِهِ، وَرَسُولُهُ الدَّاعِي لِخَلْقِهِ إِلَى طَاعَتِهِ، أَرْسَلَهُ بِالْحَقِّ الْمُبِينِ، وَابْتَعَثَهُ بِالشَّرْعِ الْمَتِينِ، فَجَلَى غَوَامِضَ الشُّبُهَاتِ، وَأَنَارَ حَنَادِسَ الظُّلُمَاتِ، وَأَبَادَ حِزْبَ الْكُفْرِ وَأَنْصَارَهُ، وَشَيَّدَ أَعْلَامَ الدِّينِ وَمَنَارَهُ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ صَلَاةً يُعْطِيهِ فِيهَا أُمْنِيَّتَهُ، وَيَرْفَعُ بِهَا فِي الْآخِرَةِ دَرَجَتَهُ، وَعَلَى إِخْوَانِهِ مِنَ النَّبِيِّينَ وَآلِهِ الْأَخْيَارِ الْمُنْتَخَبِينَ، وَتَابِعِيهِمْ بِالْإِحْسَانِ أَجْمَعِينَ. أَمَّا بَعْد
فهذا بحث في معرفة الرواية باللفظ و بالمعنى و ما يتعلق بها، والله اسأل الإخلاص بالقول والعمل عسى الله ان ينفعنا وان يرضي علينا في الدين حتى نلنا السعادة في الدنيا و الآخرة.

خلفية
          رواية الحديث النبوي بلفظه هي الاصل، و الرواية بالمعنى رخصة إقتضتها ضرورة نشره و صعوبة الحفاظ على لفظه و هي من القضايا المتنية الخالصة، ولها ثلاث صور: الأولى باللفظ والثانية الرواية با المعنى با الشروط التي تضمن سلامتها، وهي حالة جائزة و امر واقع، ثم الثالثة الرواية با المعنى مع عدم الإلتزام با الشروط فيحصل في اللفظ تحريف يؤدى الى تغيير المعنى، و هذه الصورة ممنوعة ولكنها حصلت احيانا فنشأت عنها أطاء في الفاظ الحديث.




Wednesday, 13 May 2015

TAREKAT KE POLITIK PADA MASA DINASTI SHAFAWI



DISUSUN OLEH:
MACHMUD SOLAHUDIN 


Bab I
Pendahuluan

1.      Latar Belakang
Pasca serangan tentara Mongol terhadap kekhilafahan Abbasiyah di Baghdad, kekuatan politik Islam mengalami kemunduran secara drastis. Wilayah kekuasaanya terbagi-bagi dalam beberapa dinasti kecil yang satu sama lain saling memerangi.
Kondisi politik umat Islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga dinasti besar, Dinasti Utsmani di Turki, Dinasti Syafawi di Persia, Dinasti Mughal di India.

Malu Tapi Mau, Mau Tapi Malu


oleh : M.e. Widjaya

Sirine alam menggelegar membangunkanku
menyadarkanku bangun dari mimpiku
mengingatkanku peda keterbatasan waktu
mengajakku mensyukuri ni'matku
duduk simpuh panjatkan do'a
mengemis ridha maghfirah
air mata seakan kering
dimana?
kenapa? 
tak mengalir lanyaknya air
tak menetes lanyaknya embun
kenapa?
mengapa?
padahal, anak kecil nangis merengek meminta uang
pengemis memasang wajah melas
pengamen memamerkan suaranya
apa?
apa yang telah ku perbuat? sehingga berani meminta
Ibadah hanyalah kewajiban
bukan pekerjaan
larangan banyak ku langgar
perintah sering terabaikan
mau, tapi malu
malu, tapi mau



Thursday, 26 March 2015

Tanda Tanya


Tanda  Tanya

oleh: M.e. Widjaya


Diam, 
Padam, 
Aku melongok berwajah muram

Sedih, kemudian tertawa
Tawa, kemudian menangis
Tangis tak lagi bersuara

Isap, isap, isap aku terbatuk
Tiup, tiup, tiup, aku harus tiup apa?

Kilat itu menyilaukan
Tapi petir bagiku adalah lantunan lagu.

Disini
Ya
Disinilah
Aku masih tengok kiri dan kanan

26, Maret, 2015